Lab 1

Assalaumalaikum.Wr.Wb
     hay Agan/Sista bertemu dengan ane kali ini ,pagi ini ane mau share gimana cara menyeting client ke client terhubung  menggunakan packet tracer / dari cisco ,  
    Ø  pertama agan/sista buka packet cisco lalu memulai buat topologi seperti ane buat di bawah, jelaskan gambarnnya



.
NB : -router  yang digunakan router 2911,
        -swicthes yang digunakan  tipe 2960
    Ø  Setelah membuat topologi seperti di atas agan seting terlebih dahulu routernya , router  yang terdapat di cisco packet tracer sebenarnya banyak ,untuk mempermudah ane menggunakan router tipe 2911 .
Tampilan configurasi seperti dibawah ini!!


    Ø  Lalu agan buka config dan seting terlebih dahulu contoh config seperti di bawah ini
          


         Nb: - ane menggunakan prefik 11(/11) sama saja 255.224.0.0            
                - Lihat dulu kabel yang terhubung ke router sebelah Gig0/0 atau Gig0/1
                -  On lebih dahulu
          


Nb:- ane menggunakan prefik 26(/26) sama saja 255.255.255.192
       - On terlebih dahulu,
    Ø  Selesai konfig router0 (router  yang ke 1) ,selanjutnya  Agan/Sista konfig router1 (router yang ke DUA)
      

    Ø  Lalu seting seperti router pertama(ruter0),
      

Nb: - prefik sama kayak router0( router pertama) prefik 11(/11) 
       -  On lebih dulu.
    Ø  Seting yang kabel kedua,
          

          Nb: - On kan lebih dahulu , agar terseting.
                 - lalu seting seperti diatas, ane menggunakan prefik 26(/26).
    Setelah semua router terseting, sekarang  Agan/Sista menyeting Server yang ada di                               router0 ( router pertama agar DNS aktif


    Ø  Seting  server tidak terlalu rumit, untuk mengisi ip address client/ komputer kita menggunakan            DHCP saja ,
      
Nb:- buka server lalu seting di bagian Dekstop lalu cari IP Cnfiguration, letaknnya di kiri atas .
       - ip address diisi sama dengan ip gateway namu dibedakan bagian networknnya ,
    Ø  Kedua kita menuju ke server untuk mennyeting bagian DHCP,DNS,EMAIL,dan,ftp,
        

    Ø  Pertama kita seting DHCP terlebih dahulu,
      
Nb:- seperti di atas kita seting bagian Gateaway , dan DNS Server , jangan lupa On kan dulu lalu seting dan save.
    Ø  Lalu buka bagian DNS ,

Nb:- lalu isi Name,address(isi dengan ip address server) 192.168.1.2
       - jangan lupa di On kan terlebih dahulu
       - lalu klik (Add).
    Ø  Sekarang seting client terlebih adhulu

    Ø  Lalu seting client pilih slah satu client ,

        Nb:- buka dekstop lalu pilih IP Configuration
              - selanjutnnya pilih DHCP


Sekian dahulu ane share , maap belu komplit 
kapan kapan ane lanjutin


sekian makasih :)
wassalumalaikumWr.Wb 



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »